Sabtu, 02 Juni 2012

Arsitektur Candi Singosari


Ini dia Candi Singosari :)
 Sudah hampir 1 tahun kuliah di malang baru kali ini ada kesempatan untuk mengunjungi Candi Singosari. Semua berawal karena habis perjalanan survey bersama teman-teman arsitek di salah satu panti asuhan yang terdapat singosari, jadi sekalian deh kami menyempatkan diri mengunjungi candi ini karena lokasinya yang terbilang dekat dengan panti asuhan tersebut :)


Kesan pertama yang muncul, so amazing !! Ternyata masih ada salah satu sejarah peninggalan dari kerajaan besar masa lalu, yaitu kerajaan Singosari.  Dari segi arsitektur, candi Singosari memiliki keunikan yang seolah-olah memiliki dua tingkat bangunan. Hal menarik lainnya bisa dilihat dari hiasan luar candi yang seharusnya rata, tapi tidak demikian pada candi Singosari. Hal ini di estimasikan belum adanya penyelesaian saat pembuatan yang kemudian langsung ditinggalkan.


Candi ini terlihat sepi ?? Eits jangan salah, di setiap harinya lumayan banyak lho wisatawan lokal maupun domestik yang datang mengunjungi candi ini, tidak hanya hari libur saja. Itu dia buktinya, kami juga berfoto bersama para pengunjung disana :)



Di sekitar candi ini terdapat taman yang indah dan dapat berkeliaran di sekitar tanpa terganggu oleh penjual, panduan, dll. Membuat kami semakin betah berada di kawasan candi karena dimanjakan oleh taman hijau yang membuat teduh di mata.




Ini adalah bagian depan dari Candi Singosari yang menghadap ke barat. Bangunan candi ini sudah tidak utuh, mungkin hanya sekitar 80% saja yang tersisa. Sekarang puncak-puncaknya sudah hilang.




Setelah itu kami memasuki Pintu utama yang menuju ruang utama, di dalamnya terdapat pedestal (landasan) yang sudah rusak Mungkin dulunya pedestal ini dibuat sebagai pedestal arca Dewa Syiwa Bhairawa.




Di halaman Candi Singosari juga terdapat arca-arca yang berjejer rapi tertata dengan baik, dari arah utara ke selatan, tapi sayang sebagian arcanya sudah tidak utuh lagi.


Tak ingin kehilangan kesempatan berharga, kami juga menyempatkan untuk hunting foto disini. Hihihihi :)







Nah, itulah sebagian dari perjalanan kami saat itu. Menyenangkan bukan? kami dapat mengetahui sebuah tempat yang masih terdapat peninggalan bersejarahnya.

Dan inilah salah satu bangunan arsitektur di masa lalu (^_____^)*









4 komentar: